TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB

Sekretariat Umum Polri bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi kesekretariatan dan/atau administrasi umum baik yang bersifat umum dan terpusat di lingkungan Mabes Polri.

1)    Unsur Pimpinan

Kasetum Polri

Kepala Setum Polri dijabat oleh seorang Pamen Polri berpangkat Komisaris Besar Polri yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kapolri dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari berada di bawah kendali Wakapolri serta bertugas memimpin, mengawasi dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan Setum Polri.

Wakasetum Polri

Wakil Kepala Setum Polri dijabat oleh seorang Pamen Polri berpangkat AKBP, bertanggung jawab dan dibawah Kasetum Polri yang bertugas membantu Kasetum Polri dalam melaksanakan dan mengendalikan pelaksanaan tugas staf di lingkungan Setum Polri dan dalam batas kewenangannya memimpin Setum Polri apabila Kasetum Polri berhalangan.

2)    Unsur Pembantu Pimpinan dan Pelaksana Staf

Subbagian Perencanaan dan Administrasi Umum (Subbagrenmin), sebagai staf pelaksana dalam bidang penyusunan perencanaan organisasi, manajemen logistik, personelia, kinerja serta mengelola dan melaksanakan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam.

Urusan Keuangan (Urkeu), sebagai staf yang bertugas menyelenggarakan pelayanan fungsi keuangan yang meliputi pembiayaan, pengendalian, pembukuan, akuntansi dan penyusunan laporan SAI serta pertanggung-jawaban keuangan.

3)    Unsur Pelaksana Utama

Subbagian Pembinaan Kesekretariatan (Subbagbinset), yang bertugas mengembangkan dan merumuskan petunjuk teknis dan pelaksanaan dalam bentuk Peraturan Kapolri tentang administrasi di bidang kesekretariatan umum dan pelaksanaan sosialisasi atas penerapan Peraturan Kapolri.

Subbagian Arsip (Subbagarsip), yang bertugas menyelenggarakan pengarsipan yang meliputi pemeriksaan dan klasifikasi serta pemeliharaan dan penyimpanan naskah dinas di lingkungan Mabes Polri sebagai dokumen negara.

Subbagian Tata Naskah (Subbagtakah), yang bertugas meneliti naskah dinas, tata naskah dan registrasi naskah dinas di lingkungan Mabes Polri.

Subbagian Umum (Subbagum), yang bertugas menyelenggarakan urusan kepanitiaan, rapat dan risalah serta urusan reproduksi dan distribusi naskah dinas di lingkungan Mabes Polri.

Kantor Pos (Kanpos), yang bertugas mengirim, menerima dan menyalurkan surat-menyurat di lingkungan Mabes Polri.