PEMBENAHAN ARSIP POLRI

Sesuai Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan bahwa penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin tercipta dan ketersediaan arsip yang autentik dan terpecaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang andal, perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat, keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Satuan Organisasi pada Tingkat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia Lampiran XIV Setum Polri bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi kesekretariatan dan/atau administrasi umum baik yang bersifat umum dan terpusat di lingkungan Polri.

Setum Polri sebagai Unit Kearsipan Polri dan pengemban fungsi pembinaan kesekretariatan dari tingkat Mabes Polri sampai tingkat kewilayahan memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok Polri. Dalam rangka pembenahan Arsip, Setum Polri menyelenggarakan Kegiatan Pembenahan arsip sebagai upaya untuk menjaga dan menjamin keberadaan arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan bukti sah dari pelaksanaan tugas dan fungsi kearsipan sehingga dapat terhindar dari kesulitan dan kerugian yang akan diakibatkan oleh masalah-masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Pelaksanaan pembenahan arsip Polri dilaksanakan pada hari Senin, 5 Agustus 2019, Pukul 08.00 WIB s.d. selesai, bertempat di Setum Polri yaitu di Ruang Rapat Setum Polri dan Ruang Arsip Setum Polri, dimana kegiatan tersebut dibuka oleh Kasetum Polri Kombes Pol Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H. yang diikuti dan dilaksanakan oleh 60 orang Staf Setum Polri yang terbagi dalam 2 tim dengan 3 gelombang.

Apabila kegiatan pelaksanaan pembenahan kearsipan di Setum Polri sesuai dengan standar dan pedoman kearsipan yang berlaku maka kedepannya Setum Polri akan memberikan pelatihan/sosialisasi ke Satker Jajaran mabes Polri dan Kewilayahan dalam melaksanakan Pembenahan Kearsipan.

Selain itu Setum Polri telah mendapatkan pengawasan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada tanggal 18 s.d. 21 Juni 2019.

  • PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBENAHAN ARSIP POLRI